DEVELOPMENT OF A SELF-LEARNING SYSTEM FOR WEB-BASED NODEJS PROGRAMMING WITH AN AUTOMATED ASSISTANCE MECHANISM
This thesis introduces a self-learning system for web-based NodeJS
programming with an automated assistance mechanism, aimed at empowering students
to engage in autonomous study and enhance their understanding and proficiency in
database connection, web programming, and RESTful APIs on the NodeJS Express
framework. Through the evaluation of the self-learning system, it is evident that
students benefit from the clear and concise learning materials, leading to increased
engagement levels and better understanding. By providing automated assistance,
students receive real-time feedback on their code, allowing them to quickly detect and
correct mistakes. By providing an automatic support mechanism and extensive learning
resources, the research contributes to the growth of web-based NodeJS programming
education. This study contributes to the profession by bridging the gap between
traditional classroom instruction and practical application, helping students to gain the
skills they need to succeed in the ever-changing landscape of web development. Future
enhancements include more simplified learning materials and better resource
management for third-party connections. The data support the notion that a clear and
succinct learning strategy improves student engagement and comprehension, providing
a promising avenue for self-directed learning in NodeJS programming.
PENGEMBANGAN APLIKASI MODUL LOGIKA PERCABANGAN DAN PERULANGAN PADA SISTEM BLOCKLY-EDU IOT UNTUK MEMPERMUDAH BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR BAGI MAHASISWA
Pembelajaran pemrograman berperan penting dalam meningkatkan
Computational Thinking, namun pendekatan pemrograman berbasis teks dirasa
kurang menarik bagi mahasiswa. Sedangkan pemrograman berbasis visual seperti
scrath, blockly lebih menjadikan mahasiswa tertarik. Saat ini di Jurusan Teknologi
Informasi sudah memiliki perangkat Edu-IoT Board yang didalamnya sudah
terintegrasi beberapa sensor dan aktuator, selain itu perangkat ini juga sudah
terkoneksi dengan jaringan internet. Pada penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sistem pembelajaran menggunakan komponen visual yang
berbasis google blockly yang input maupun ouput nya akan terhubung dengan
sensor dan aktuator yang ada pada Edu-IoT Board. Teknik atau metode yang
digunakan untuk merancang perangkat lunak ini yaitu metode alur Software
Development Life Cycle (SDLC). Software Development Life Cycle sendiri
merupakan proses pengubahan dan pembuatan system,model, serta metodologi
yang digunakan untuk mengembangkan software. SDLC ini menggunakan metode
waterfall sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa web block dapat digunakan
sebagai media pembelajaran logika pada Edu-IoT Board melalui block yang sama
dengan logika dasar pemrograman.
Pada sistem Blockly-Edu IoT juga telah dilakukan uji usability dengan cara
mengajak para mahasiswa mencoba secara langsung aplikasi yang dibuat lalu
memberikan mereka pertanyaan berjumlah 15 (lima belas) pertanyaan. Berdasarkan
hasil perhitungan didapatkan nilai 0.89 yang artinya nilai tersebut mendekati nilai
1 (satu) sehingga uji usability dapat dikatakan baik. Pada hasil jawaban yang
bersumber dari mahasiswa penulis menemukan bahwa aplikasi Blockly-Edu IoT ini
dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran IoT (Internet of Things). Selain
itu penerimaan aplikasi juga mudah dipahami, dipelajari, dioperasikan, dan menarik
perhatian bagi mahasiswa.
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE RESELLER UNTUK EFEKTIVITAS PEMASARAN PRODUK PRODUSEN UMKM
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit
usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan
perekonomian di Indonesia antara lain pemenuhan kebutuhan masyarakat akan
sebuah produk unggul dan membuka lapangan pekerjaan baru. Namun, persoalan
pemasaran masih menjadi salah satu kendala bagi UMKM dalam meningkatkan
skala bisnisnya di Indonesia. Produsen UMKM sering kali mengalami kendala
yaitu kurangnya dalam memasarkan produk dikarenakan jangkauan pemasarannya
masih di satu tempat yakni dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka
antara penjual dan pembeli atau sekadar memajang produknya di toko yang
berakibat produk tidak dapat dikenal oleh banyak masyarakat dikarenakan, lalu
produsen UMKM pada sisi adminitrasi dalam merekap penjualan masih bersifat
konvesional yaitu menggunakan pembukuan yang rentan terjadi adanya kesalahan
pada saat merekap penjualan, tidak hanya itu, pada biaya untuk melakukan
pemasaran juga membebani produsen UMKM khususnya yang masih merintis.
Oleh karena itu, PT. Adma Digital Solusi sebagai membuat sebuah sistem
pemasaran digital berbasis aplikasi mobile android dengan menggunakan reseller.
Adanya reseller, dapat membantu produsen UMKM dalam memasarkan
produknya, serta produk dapat tersebar lebih luas dan dikenal oleh banyak
masyarakat. Kemudian pada aplikasi juga terdapat beberapa fungsi ataupun fitur
yang mendukung reseller dan produsen UMKM dalam memasarkan maupun
menjual produk. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan metode
pengembangan SCRUM. Aspek pengujian yang dilakukan adalah pengujian
fungsional, API, dan fungsi pemilihan membership pelanggan reseller
menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Berdasarkan hasil
pengujian tersebut, aplikasi berjalan dengan baik sesuai dengan perancangan yang
telah dibuat dan hasil pengujian metode SAW yaitu perhitungan pada aplikasi
sudah sesuai dengan perhitungan yang dilakukan secara manual.
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING UTILITY PERFORMANCE PADA PT. XYZ DENGAN METODE BRAINSTORMING
Secara umum, utility di bidang teknik adalah perangkat atau sistem yang
dirancang untuk menyediakan kebutuhan dasar atau untuk membantu penyelesaian
pekerjaan atau proses tertentu. Dalam bidang teknik, utility umumnya mengacu
pada sistem atau perangkat yang dirancang untuk menyediakan kebutuhan dasar
seperti listrik, air, gas, atau telekomunikasi. pada PT.XYZ utility merupakan salah
satu divisi dari departemen engineering yang memiliki tugas yakni memonitoring
healthy assets, KPI (Key Performance Index), monitoring machine serta
maintenance report. Metode brainstorming digunakan untuk menghasilkan ide-ide
kreatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan sistem monitoring utility.
Berbagai ide dihasilkan melalui diskusi dan perdebatan antara para peserta
brainstorming. Kemudian, ide-ide tersebut dianalisis dan diseleksi untuk dipilih
yang paling sesuai dengan kebutuhan PT XYZ. Maka dari itu penulis juga
melakukan pengujian terhadap karyawan PT XYZ agar sistem tersebut berjalan
sesuai dengan kebutuhan. Dari 10 responden menyatakan bahwa lebih dari 50%
akumulasi responden menyatakan bahwa aplikasi sistem monitoring utility
performance berjalan dengan memuaskan dan sangat memuaskan, terdapat 10%
hingga 30% responden yang menyatakan bahwa berjalan dengan baik serta 10%
responden menyatakan kurang berjalan baik.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN PROPOSAL PADA APLIKASI SR-APP PT. OLAHKARSA INOVASI INDONESIA
PT. Olahkarsa Inovasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak
dalam bidang Business to Business (B2B) yang memiliki visi untuk menciptakan
Corporate Social Responsibility (CSR) yang inovatif sebagai pendorong
ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Perusahaan ini berada di Kota Bandung,
Jawa Barat. Tujuan dari dilakukannya skripsi ini untuk mengembangkan aplikasi
SR-APP dengan menambahkan fitur sistem pendukung keputusan dalam
pemilihan proposal untuk mempersingkat proses pengolahan data proposal
Program CSR serta mendapatkan hasil yang lebih objektif dan akurat. Aplikasi
tersebut akan digunakan oleh client PT. Olahkarsa Inovasi Indonesia. Masalah
yang dihadapi client PT. Olahkarsa Inovasi Indonesia adalah pada proses
pemilihan proposal masih menggunakan cara manual terkadang hasilnya tidak
efektif karena penilaian masih subjektif dan akurasinya masih sangat kurang
sehingga masih sulit untuk proses pemilihan proposal maka dari itu
dikembangkanlah aplikasi SR-APP dengan penambahan fitur sistem pendukung
keputusan yang bertujuan untuk membantu client PT. Olahkarsa Inovasi Indonesia
dalam membuat perangkat lunak sistem pendukung keputusan yang membantu
proses pemilihan proposal dengan menggunakan metode Simple Additive
Weighting, sehingga proses pengolahan alternatifnya lebih cepat serta dapat
membantu memberikan rekomendasi dan pertimbangan untuk pengambilan
keputusan dalam menentukan proposal Program CSR yang akan diterima
nantinya. Proses pengembangan sistem tersebut dilakukan dengan observasi
dilanjutkan dengan membangun fitur menggunakan framework laravel,
melakukan pengujian, dan membuat deliverable. Berdasarkan hasil survey
kuesioner yang penulis lakukan, aplikasi sistem pendukung keputusan ini
menunjukkan rata-rata hasil responden yaitu 97,5 persen serta pada pengujian
dengan membandingkan perhitungan metode secara manual didapatkan akurasi
sebesar 100 persen. Metode Simple Additive Weight mampu menentukan proposal
terpilih sesuai parameter dalam pengambilan keputusan. Penentuan proposal dapat
dipilih dari rangking yang ditampilkan di sistem.