PENGEMBANGAN APLIKASI MODUL LOGIKA PERCABANGAN DAN PERULANGAN PADA SISTEM BLOCKLY-EDU IOT UNTUK MEMPERMUDAH BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR BAGI MAHASISWA
Pembelajaran pemrograman berperan penting dalam meningkatkan
Computational Thinking, namun pendekatan pemrograman berbasis teks dirasa
kurang menarik bagi mahasiswa. Sedangkan pemrograman berbasis visual seperti
scrath, blockly lebih menjadikan mahasiswa tertarik. Saat ini di Jurusan Teknologi
Informasi sudah memiliki perangkat Edu-IoT Board yang didalamnya sudah
terintegrasi beberapa sensor dan aktuator, selain itu perangkat ini juga sudah
terkoneksi dengan jaringan internet. Pada penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sistem pembelajaran menggunakan komponen visual yang
berbasis google blockly yang input maupun ouput nya akan terhubung dengan
sensor dan aktuator yang ada pada Edu-IoT Board. Teknik atau metode yang
digunakan untuk merancang perangkat lunak ini yaitu metode alur Software
Development Life Cycle (SDLC). Software Development Life Cycle sendiri
merupakan proses pengubahan dan pembuatan system,model, serta metodologi
yang digunakan untuk mengembangkan software. SDLC ini menggunakan metode
waterfall sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa web block dapat digunakan
sebagai media pembelajaran logika pada Edu-IoT Board melalui block yang sama
dengan logika dasar pemrograman.
Pada sistem Blockly-Edu IoT juga telah dilakukan uji usability dengan cara
mengajak para mahasiswa mencoba secara langsung aplikasi yang dibuat lalu
memberikan mereka pertanyaan berjumlah 15 (lima belas) pertanyaan. Berdasarkan
hasil perhitungan didapatkan nilai 0.89 yang artinya nilai tersebut mendekati nilai
1 (satu) sehingga uji usability dapat dikatakan baik. Pada hasil jawaban yang
bersumber dari mahasiswa penulis menemukan bahwa aplikasi Blockly-Edu IoT ini
dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran IoT (Internet of Things). Selain
itu penerimaan aplikasi juga mudah dipahami, dipelajari, dioperasikan, dan menarik
perhatian bagi mahasiswa.